Barang Promosi


3 Alasan Kenapa Kita Harus Memilih Distributor Merchandise Promosi dengan Teliti


icon barang promosi

Penggunaan merchandise untuk promosi saat ini benar-benar tinggi. Berbagai perusahaan memesan merchandise unik untuk memperkenalkan produknya dan menyapa dunia dengan brand yang dimiliki. Banyaknya keuntungan yang dimiliki oleh merchandise sebagai media promosi, menjadikannya banyak digunakan. Harganya yang murah, fungsinya yang jelas, keawetannya, dan banyak lagi hal lainnya yang menjadi contoh keunggulannya.

Merchandise, sudah menjadi media promosi yang digemari saat ini.

Namun, perlu diketahui, bahwa tanpa pemesanan yang tepat, merchandise-merchandise yang kita harapkan akan memberikan keuntungan, justru akan menjadi bumerang. Bukannya untung, brand kita malah menurun dan tidak disukai masyarakat. Mengapa begitu? Baca terus tulisan ini.

Salah satu alasan terbesar mengapa promosi kita dengan merchandise tidak baik adalah karena kesalahan dalam memilih distributor. Ya, distributor memegang peranan penting dalam dunia merchandise. Salah memilihnya, bisa berarti masa depan yang tidak baik untuk kegiatan promosi kita.

Memangnya apa saja alasan yang mengharuskan kita memilih distributor yang tepat? Mari simak 3 alasan kenapa kita harus memilih distributor merchandise promosi dengan teliti.

  1. Salah memesan karena minim informasi

Memesan merchandise itu susah-susah gampang. Gampang karena kita pada dasarnya sudah sering mengetahuinya, sehingga dapat menilai dari sisi konsumen. Susah, karena jenisnya yang sangat banyak. Ada berbagai macam jenis merchandise, nanti masing-masingnya pun memiliki banyak variasi spesifikasi lagi.

Misalnya untuk mug saja, sudah ada mug keramik, mug gelas (glassware), mug alumunium (thumbler). Dan didalamnya nanti ada pilihan sablon satu warna, dua warna, full color sparasi. Belum lagi pada packagingnya, dan sebagainya. Cukup banyak dan merepotkan bukan?

Untuk itu, tentu agar kita memiliki gambaran yang lebih lengkap, sudah seharusnya partner kita (distributor) adalah partner yang dapat memberikan masukan. Masukan mereka penting, dan dikombinasikan dengan pendapat kita (klien) yang lebih mengetahui kondisi perusahaan dan pasar, maka akan tercipta kolaborasi yang baik untuk menggunakan merchandise yang memang dibutuhkan oleh pasar.

Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana jika distributor yang kita pesan itu ternyata busuk? Yaik. Tentu kita akan sangat rugi. Kita tidak mendapat informasi yang jelas, tidak diarahkan dengan baik, dan sebagainya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pilih distributor merchandise yang mau memberikan konsultasi gratis kepada klien.

  1. Tidak semua distributor berkualitas

Nah, untuk mendapatkan keuntunga maksimal dari promosi, tentu merchandise yang diproduksi harus yang berkualitas, sehingga dapat awet dan tahan lama. Dan jika kita sembarangan memilih distributor, bisa jadi mereka bukanlah distributor yang mampu memenuhi ekspektasi kita. Karena itu, pastikan kita memilih distributor yang berkualitas.

  1. Mendapatkan harga yang pas

Distributor pada dasarnya sama saja dengan perusahaan kita, mencari untung. Karena itu, jika tidak hati-hati dalam memilihnya, kita bisa mendapatkan distributor licik yang mencari keuntungan terlalu besar. Cari dari distributor terpercaya, dan dapatkan harga yang pas.