Barang Promosi


Macam-macam Barang Promosi


Dunia periklanan kini sudah tidak melulu mengacu pada above the line promotion. Seiring dengan strategi viral yang semakin dianggap kuat, membuat below the line promotion juga menjadi sebuah pilihan promosi yang bagus dan menguntungkan. Berkat fakta itu, kini banyak strategi promosi yang penuh inovasi dan tidak mainstream.

Salah satu media promosi yang kemudian muncul adalah barang-barang promosi. Atau mungkin bisa juga disebut dengan souvenir dan merchandise untuk promosi. Merupakan barang-barang yang sebenarnya memiliki  utilitas yang tinggi di masyarakat, namun dengan beberapa kreatifitas, disulap menjadi agen promosi untuk perusahaan. Barang-barang yang berguna untuk kehidupan masyarakat ini, menjalankan peran ganda dalam kehidupan masyarakat. Menjadi alat yang digunakan untuk membantu aktifitas kehidupan sekaligus menjadi media promosi perusahaan.

Lalu apa saja barang-barang promosi yang lazim digunakan? Berikut adalah beberapa produk atau souvenir yang sering digunakan untuk promosi. Mungkin bisa menjadi referensi dari anda yang sedang mencari barang promosi seperti apa yang cocok untuk mengiklankan brand perusahaan anda.

  1. Payung

Payung merupakan salah satu barang promosi yang banyak dicari orang, terutama di masa-masa musim penghujan seperti sekarang ini. Payung yang berfungsi untuk melindungi si pemakai dari rintikan air hujan dan sengatan matahari di kala panas, menjadi media promosi yang disukai oleh perusahaan. Karena payung memberikan efek yang besar untuk promosi. Logo atau brand yang dicantumkan di atas kain, membuat logo perusahaan mudah dilihat. Selain itu payung juga sering dibawa bepergian, otomatis logo akan sangat sering dilihat orang.

 

  1. Mug

Mug adalah semacam cangkir atau gelas yang digunakan untuk minum. Aspek promosi biasanya dilakukan dengan menyablon logo atau materi iklan di badan mug secara melingkar.

Dengan fungsinya sebagai alat minum, tentu mug akan sering digunakan orang. Hal itu mau tak mau, menjadikan orang yang meminum akan melihat materi iklan perusahaan, hingga akhirnya, perusahaan kita akan diingat lebih sering.

Bentuk dan bahan mug sendiri ada berbagai macam. Yang biasa digunakan sebagai media promosi adalah mug keramik, mug kaca (glassware), dan mug alumunium (Thumbler).

 

  1. Jam dinding dan meja

Jam adalah alat yang selalu dibutuhkan di zaman sekarang. Orang pasti melihat waktu dan sepandai apapun orang itu, dia akan tetap membutuhkan jam (dalam berbagai bentuknya) untuk mengetahui jam berapa sekarang. Hal ini, jelas membuat kegiatan promosi dapat berjalan lebih efektif.

Biasanya, materi iklan disablonkan di badan jam. Di antara jarum dan angka, hal ini membuat setiap kali kita melihat waktu, kita akan melihat materi iklan itu. Menarik bukan?

Jam yang sering digunakan untuk promosi biasanya adalah jam dinding dan jam meja. Jam tangan masih jarang digunakan, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dibuat.

 

  1. Ballpoint

Ballpoint digunakan untuk menulis, sudah pasti akan banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Biasanya, materi iklan diberikan di badan ballpoint secara horizontal. Artinya, setiap kali kita menulis menggunakan ballpoint itu, kita akan melihat materi iklan yang dibuat di dalamnya, menarik bukan?

 

  1. Gantungan kunci

Gantungan kunci juga merupakan alat yang banyak dibutuhkan untuk aktifitas sehari-hari. Hal ini berkaitan dengan kecenderungan manusia yang hampir semuanya memiliki kunci. Nah, kalau sudah punya banyak kunci, terus apa yang harus dilakukan agar tidak mudah hilang? Tentu saja, menyatukannya dalam satu media. Dan itu adalah gantungan kunci.

Gantungan kunci banyak digunakan dan sering dilihat. Materi iklan dapat terlihat dengan jelas dan dalam berbagai desain yang menawan.

 

  1. Pin

Pin adalah media promosi yang sudah cukup mainstream digunakan. Pin banyak digunakan sebagai identitas diri dan gaya-gayaan. Karena itulah, sekarang ini penggunaan pin sebagai media promosi sendiri sudah mulai menurun.

  1. Tas souvenir

Tas souvenir merupakan tas yang biasanya diberikan gratis kepada konsumen. Biasanya terbuat dari kertas dan kain furing, tinggal sesuai selera saja. Karena pasti dipakai bepergian, tentu tas souvenir akan banyak dilihat orang. Dengan kata lain, iklan kita dilihat banyak orang.

Setelah mengetahui berbagai macam barang promosi ini, jenis apa yang ingin anda buat?