Barang Promosi


Mengenal dan menentukan Barang Promosi


Mengenal Istilah Barang Promosi

print-ad-merchandise

Barang promosi adalah nama lain dari souvenir promosi atau merchandise promosi. Kata promosi menggambarkan fungsi , bahwa souvenir / merchandise yang dibagikan kepada relasi bisnis atau konsumen tidak lain bertujuan memprosikan identitas tertentu baik perusahaan maupun produk. Kata barang promosi sendiri populer di Indonesia sejak tahun 2000, kata ini lahir dari terjemahan dari istilah bahasa inggris promotional goods. Penggunaan barang promosi lebih sering digunakan oleh kalangan pebisnis / di internal perusahaan sedangkan masyarakat umum lebih banyak yang menggunakan istilah merchandise.

Merchandise sebagai media promosi mulai populer digunakan saat media konvensional seperti TV, Radio, dan surat kabar sangat sesak dengan jutaan iklan tiap harinya.  Ironisnya di negara manapun hampir jarang ada orang ingin menonton iklan televisi.  Di Indonesia pun budaya ini ada, setiap kali sinteron atau film jeda dengan iklan penonton akan memainkan remote televisi dan mencari acara  lain. Artinya iklan di media konvensional kini sudah bukan lagi pilihan mengingat kebiasaan masyarakat mulai berubah, termasuk dengan hadirnya internet sebagai media tandingan. Jumlah iklan yang semakin banyak dan media konvensional yang mulai membosankan membuat para media planner mulai mencari jalan lain menyentuh konsumen yaitu menggunakan media yang dekat dengan kehidupan sehari hari.

Media yang dekat dengan kehidupan sehari hari inilah yang kemudian dijadikan merchandise oleh sebagian perusahaan, sehingga istilah barang promosi disematkan pada media seperti payung, mug, tumbler, powerbank bahkan tisu yang disematkan brand tertentu. Media ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan yang dinilai sangat positif untuk kegiatan pemasaran. Di ceraproduction sendiri ada banyak barang promosi dan terus bertambah tiap bulannya , berikut beberapa media promosi yang tersedia di Cera.

Katalog Barang Promosi from Percetakan Cera

 Download Katalog

Menentukan Barang Promosi Untuk Kampanye Pemasaran

Bagaimana perusahaan menetukan barang promosi yang tepat untuk sebuah kampanye pemasaran ? berikut beberapa langkah yang dilakukan

Perusahaan dalam hal ini tim marketing bekerjasama dengan agency iklan diharuskan memahami program apa yang sedang dijalankan dan siapa target program pemasaran.  Sebagai contoh untuk tema kampanye hijau maka perusahaan tidak mungkin menggunakan media stiker berbahan kertas yang notabene bertolak belakang dengan kampnye hijau yang mengharamkan penggunaan kertas yang menyebabkan gundulnya hutan.

Memahami siapa target market juga menjadi hal penting karena inilah yang paling dominan menentukan media apa yang akan digunakan. Sebut saja targetnya adalah orang –orang yang pensiun maka perusahaan menggunakan barang promosi yang ada hubungannya dengan kegiatan orang tua di masa pensiun seperti handuk untuk olahraga, bukan memilih barang promosi seperti  gantungan kunci.

Lantas bagiamna memahami mereka ? pemetaan perlu dilakukan, mulai dari memetakan target secara demografis ,geografis , serta psikologis termasuk memasukkan faktor trend saat ini sebagai pertimbangan. Berikut adalah kerangka kerja Ceraproduction dalam memberikan referensi barang promosi pada klien

Cera-Strategic-Tools

Setelah memahami siap target yang akan menjadi objek kampanye pemasaran maka langkah selanjutnya adalah memahmi daily life/ consumer 24 hours life . Dari sini akan ditemukan point of contact atau titik komunikasi termasuk media yang disentuh. Sebagai contoh point of contact dari anak sekolah berbeda dengan point of contact para pekerja kantor . Jika anak sekolah akan menjalani hidup mereka di bis sekolah, ruangan sekolah , toko buku, meja belajar dan lapangan olahraga maka berbeda dengan dengan pekerja yang menghabiskan waktu di taksi, meja kerja, restoran tempat makan siang, ruangan meeting, ruang keluarga, dapur dan sebagainya.

Anak Sekolah Pekerja Kantor
Activity POI Activity POI
Belajar Malam Jam Meja dll Baca Buku Lampu Baca
Mandi Handuk dll Nonton TV Iklan TV
Sarapan Pagi Gelas Sarapan Pagi Mug dll
Ke Sekolah Kipas dll Taksi ke kantor Majalah / booklet di taksi
KBM Pembatas Buku, Penggaris dll Kerja Jam Meja, Kalender, Mug, tumbler dll
Makan Siang Mug Makan siang Serbet, Mug, dll
Olahraga Handuk Olahraga, Tumbler dll Meeting Agenda/ Blocknote, Gifset kartu nama
Ke Perpustakaan Pembatas Buku
Kembali ke rumah Stiker di area bis
Nonton TV Iklan TV
Mandi Handuk dll

Gambaran POI (POINT OF CONTACT) adalah gambaran media yang dapat dijadikan barang promosi dilihat dari sudut pnadang aktivitas keseharian target market. Berbeda target dan aktivitas maka akan berbeda pula barang promosi yangmenjadi Point Of Contact

Jika POI / barang promosi telah dipilih sesuai dengan target market maka tiba waktunya melihat anggaran barang promosi yang disediakan oleh perusahaan. Perusahaan sebaiknya memilih beberapa alternatif barang promosi dan menentukan barang promosi yang sesuai target sekaligus sesuai dengan anggaran perusahaan. Semakin banyak alternatif barang promosi yang ditemukan saat menentukan point of contact semakin baik karena perusahaan dapat memilih barang promosi yang paling sesuai bujet promosi.

Kelebihan Menggunakan Barang Promosi

Menggunakan barang promosi sebagai salah satu medium promosi tentunya bukan tanpa pertimbangan. Sebagai bagian dari medium komunikasi pemasaran barang promosi memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

Media merchandise yang digunakan sebagai barang promosi rata rata memilki jangka waktu pakai yang lama, contohnya mug, jam meja, agenda, tumbler, payung dan sebagainya. Ini memungkinkan promosi terus berjalan selama merchadise tersebut masih digunakan oleh target audiens. Artinya barang promosi memiliki dua fungsi yaitu promosi sekalgus bermanfaat untuk aktvitas setiap hari.

Jangan bandingkan biaya iklan radio, koran atau televisi dengan merchandise. Biaya pembuatan merchandise tentunya lebih terjangkau karena hampir semua barang promosi sangat murah. Contohnya payung promosi yang berkisar diangka 28 ribu rupiah dan dapat digunakan untuk 2-3 tahun.  Untuk mengetahui informasi harga Anda dapat menghubungi perusahaan barang promosi seperti Ceraproduction atau melihat di beberapa perusahaan lain yang telah mempublish harga barang promosi di website mereka.

Barang promosi memiliki keunggulan tersendiri bagi penerima yaitu lebih personal dan fungsional. Bayangkan perbedaan ini dengan medium lain. Dalam istilah lain barang promosi telah melakukan iklan yang bermanfaat karena merchandise yang digunakan dimanfaatkan dengan baik oleh penerima.

Tren Barang Promosi di masa Depan

Melihat tren yang ada saat ini medium komunikasi semakin banyak. Jika saat ini payung, travel tumbler, mug dan jam meja yang digunakan sebagai barang promosi maka beberapa tahun akan datang akan muncul barang promosi baru yang sesuai dengan habit masyarakat di masa mendatang. Barang promosi lama memang tidak akan hilang namun akan menyesuaikan bentuknya dengan perkembangan zaman.

Di masa mendatang aktivitas promosi akan lebih dekat dengan masyarakat bahkan di media yang tidak terbayangkan sekalipun seperti dalam secangkir kopi. Teknologi semakin memungkinkan perusahaan berpromosi dengan medium yang tidak terbayangkan sebelumnya sebagaimana contoh berikut ini. Perusahaan dapat memanfaatkan cairan kopi sebagai medium promosi seperti yang mulai dikembangkan di Taiwan.