Barang Promosi


Merchandise Unik untuk Kampanye Bahaya HIV/AIDS


promo-pin

Anda pasti sering mendengar kata AIDS. Ya, AIDS yang merupakan singkatan dari Acquired Immunodeficiendy Syndrome ini adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. AIDS disebabkan oleh suatu virus yang biasa disebut HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Dilansir dari dokita.co, penularan HIV/AIDS dapat terjadi melalui:

-hubungan seksual dengan orang yang positif HIV/AIDS, baik secara heteroseksual (berbeda jenis) maupun homoseksual (sesama jenis) tanpa menggunakan kondom,

-melalui transfusi darah dan transplantasi organ yang terkena HIV/AIDS

-melalui jarum suntik/alat tusuk lain (alat tindik anting, tato, akupuntur) yang terkena HIV/AIDS

-pemindahan dari ibu hamil ke janin saat persalinan/penularan lewat air susu ibu ke bayinya

Hari AIDS yang diperingati setiap tanggal 1 Desember pertama kali dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua orang petugas WHO di Jenewa, Swiss pada bulan Agustus 1987.

Dilansir dari anneahira.com, data Kementrian Kesehatan RI tahun 2011 mencatat sebanyak 6.087 kasus terinfeksi HIV dengan 64,9% laki-laki dan 35,1% perempuan. 85% kasus tersebut terjadi pada usia-usia produktif. Maka tak heran jika hari AIDS di Indonesia dimanfaatkan untuk mengkampanyekan bahaya dan cara pencegahan penyakit HIV/AIDS, dengan harapan kasus HIV/AIDS di Indonesia menjadi berkurang.

Kampanye HIV/AIDS dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan turun ke jalan menyebarkan pesan bahaya HIV/AIDS dengan pemberian bunga, selebaran/pamflet, dan merchandise.   

Merchandise yang paling sering digunakan untuk aktivitas seperti ini adalah pin. Dengan teknologi percetakan yang semakin berkembang, kini mencetak pin dalam jumlah besar tidaklah membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar. Lihat saja Cera Production, sebagai produsen barang promosi, Cera mematok harga mulai dari Rp 5.000,- per buahnya.

“Cera memiliki minimal order untuk setiap merchandise sebanyak 200 buah. Dengan teknologi produksi yang semakin maju, kami dapat memenuhi banyak order dalam waktu yang relatif singkat,” kata Rizal Kasim, managing director Cera Production.

Selain untuk kegiatan kampanye sosial seperti HIV/AIDS, Cera biasanya melayani pesanan pin untuk perusahaan maupun event-event hiburan. Pin banyak diminati sebagai media promosi sekaligus gift/hadiah ke masyarakat.